Saturday, March 21, 2015

Pencegahan & Perawatan Demam Berdarah

Melanjutkan postingan saya tentang Bahaya Demam Berdarah Nyamuk Aedes Aegypti dan Beberapa Tanda dan Gejalanya, kali ini saya ingin membagikan cara Pencegahan serta Perawatannya jika terlanjur menderita Demam Berdarah (DBD). Mungkin sudah banyak artikel serupa diinternet, namun apa salahnya saya bagikan juga informasi ini dengan konsep saya sendiri, dengan informasi ketika saya berada dirumah sakit.

Saya yakin sobat disini tidak ada yang ingin sakit, apa lagi sakitnya sakit demam berdarah kan ? Baiklah kali ini kita akan bahas satu persatu baik itu pencegahan dbd ini atau juga perawatannya jikalau sudah terlanjur terkena atau terinfeksi virus dari nyamuk aedes aegypti ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat sekalian yah.

Cara Pencegahan Terkena Demam Berdarah (DBD)
Pentingnya pencegahan ini agar sobat sekalian tidak terkena penyakit ini, dan ada pula pepatah yang mengatakan "Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati" untuk pencegahannya sebagai berikut.

Pencegahan dan Perawatan Penderita Demam Berdarah
  1. Menghindari gigitan nyamuk terutama pada pagi dan sore hari
  2. Jika terpaksa beri pakaian yang tertutup pada anak
  3. Gunakan cream anti nyamuk (khusus untuk anak-anak)
  4. Menguras bak mandi sekurangnya seminggu sekali
  5. Menutup rapat tempat penampungan air
  6. Buang atau timbun benda-benda yang tidak berguna yang dapat menampung air
  7. Taburkan serbuk ABT pada bak mandi dan tempat penampungan air lainnya, juga pada selokan sekitar rumah
  8. Memlihara ikan ditempat penampungan air
  9. Jangan biasakan menggantung pakaian
  10. Tidur memakai kelambu.
Dengan malalkukan cara-cara diatas, setidaknya kita bisa mencegah segala hal yang memungkinkan adanya nyamuk aedes aegypti berkembang biak maupun menggigit salah seorang anggota keluarga kita sobat, apa lagi anak-anak.

Perawatan Penderita Demam Berdarah
Jika sobat atau keluarga sobat telah terlanjur terkena demam berdarah dan sudah memiliki ciri-ciri terkena demam berdarah alangkah baiknya sobat mengikuti tipst berikut jika sobat merawanya dirumah, namun jika telah dirumah sakitpun akan ada perwatannya, dan biasanya para dokter telah mengetahuinya untuk tindak lanjutnya serta saran-saran untuk pasien dbd.

1. Perawatan Penderita DBD di Rumah
  • Berikan air minum yang banyak baik itu air putih, teh, jus buah terutama jus jambu biji, ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) dan berguna untuk membantu mempercepat menurunkan panas tubuh (demam).
  • Selalu dikompres dengan AIR HANGAT.
  • Beri obat penurun panas sesuai dosis.
  • Jika masih berlanjut segera bawa ke dokter, Puskesmas, atau langsung rujuk kerumah sakit guna diberikan penanganan khusus.
2. Perawatan Penderita di Rumah Sakit
  • Penderita harus selalu baring atau istirahat tootal ditempat tidur.
  • Penderita diberikan makanan yang lunak.
  • Penderita harus banyak minum, pemberian cairan adalah hal yang paling penting bagi penderita dbd ini, sama halnya seperti perawatan dirumah tadi sobat.
  • Pengembilan sampel darah untuk pemeriksaan laboratorium, ini dilakukan setiap hari.
  • Transfusi darah jika diperlukan.
  • Pemberian terapi obat kepada pasien.
Semoga dengan adanya cara Pencegahan dan Perawatan Penderita Demam Berdarah ini, sobat dan keluarga akan aman dari demam berdarah. sekali lagi saya tekankan bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.. ^_^

    0 komentar: