Tuesday, March 3, 2015

Beberapa Batasan untuk Satu Akun Blogger

Beberapa Batasan untuk Satu Akun Blogger
Sebelum ini saya ada mendengar bahwa pembuatan blog di blogger itu tidak terbatas atau unlimited, maka karena itu banyak para blogger yang membuat blog sebanyak mungkin guna percobaan mereka ataupun memang kepentingan mereka.

Menurut saya perilaku ini tidaklah pantas, karena sub domain blogspot itu tak seharusnya jadi ajang spam. Gunakanlah dengan bijak sobat, namun pihak blogger telah melakukan beberapa batasan penting walaupun tidak begitu efektif sobat, karena ini hanya berlaku untuk satu akun blogger. Sebenarnya batasan ini tidak terlalu penting, namun apa salahnya buat sobat agar tahu.

Jadi apa aja batasan-batasan itu mas ?

1. Jumlah Blog
Yang pertama ialah jumlah blog, seperti yang telah saya singgung dalam awal artikel ini sobat, bahwa pihak blogger telah memberikan batasan-batasannya terkait akun blogger. Nah, disini pihak blogger telah membatasi setiap Akun blogger dengan 100 blog.

Dengan artian setiap akun hanya bisa paling maksimal membuat blog dengan sub domain blogspot itu dengan jumlah 100 blog. Dan jika ingin membuat blog lagi, sobat akan menerima notice guna mengurangi blog untuk membuat blog yang baru. Namun itu hanya berlaku untuk satu akun saja sobat, jadi jika sobat memiliki 2 akun blogger, berarti sobat bisa membuat blog dengan subdomain blogspot sebanyak 200 blog.

Lagian buat apa memiliki banyak blog akalu tidak ada untungnya, termasuk tidak menghasilkan ? Saya aja mengurusi 2 blog saja kewalahan, dan sampai bingung mau buat postingan.

2. Jumlah Entri
Untuk yang satu ini blogger tidak membatasi jumlah entri yang sobat buat dalam satu akun, bahkan jika entri atau postingan yang sobat buat tidak melanggar aturan google, maka postingan tersebut hanya sobat yang bisa menghapusnya.

Dengan peraturan ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa google sangat menyenangi artikel yang banyak dalam suatu blog. Dengan tidak adanya batasan jumlah postingan suatu blog.

3. Ukuran Entri dan Ukuran Laman
Untuk Ukuran Entri tidak ada batasan berapa besar sizenya sobat, namun pihak blogger sangat membatasi untuk Ukuran Laman utama dalam suatu blog dengan 1 MB sobat. 

Yang dimaksud disini ialah laman utama sobat kan bisa dibatasi berapa entri, untuk lebih jelasnya sobat bisa masuk DISINI. Dari link itu sobat bisa mengerti yang dimaksud ukuran laman utama itu yang mana. Karena jika laman utama sobat lebih dari itu maka akan ada error yang menyatakan:
006 harap hubungi Dukungan Blogger
Dengan batasan ini juga memberi manfaat untuk blog sobat yaitu menambah loading blog sobat agar lebih cepat sobat. Saran dari saya sih, tampilkan paling banyak 8 entri pada home page.

4. Jumlah Komentar
Untuk jumlah komentar juga tidak memiliki batasan seperti jumlah entri tadi sobat, dan komentar yang telah ada juga akan tersimpan pada akun blogger sobat, jadi jangan kawatir hilang sobat. Hehe

5. Jumlah dan Ukuran Gambar
Sebuah blog tanpa gambar menjadi kurang bewarna sobat, maka dari itu pihak blogger tidak membatasi untuk ditampilakn pada sebuah blog, hanya saja blogger hanya membatasi sumber daya sobat dengan total sebesar 1 GB yang talh dibagi pakai ke Web Picasa.

Nah bagaimana dengan ukuran gambar sobat ? Untuk versi desktop atau jika sobat mengupload menggunakan perangkat komputer maupun laptop tidak ada batasan dalam hal Ukuran gambar. Namun hanya untuk versi mobile akan dibatasi sebesai 250 KB per gambar.

Ini saya rasa dimaksudkan agar para pengguna yang menggunakan perangkat mobile tidak terlalu dibebani sobat. Lagian pula kurang nyaman juga mengupload menggunakan mobile device, menurut saya. :)

6. Aggota Tim
Yang dimaksud disini ialah, bahwa sebuah blog hanya boleh memiliki pengguna atau bisa disebut juga tim sebanyak 100 anggota dalam sebuah blog sobat. Jadi satu sub domain blogger akan dibatasi anggotanya sebanyak 100 akun sobat.

7. Jumlah Label
Untuk jumlah label sebenarnya dibatasi sobat, namun sobat tidak perlu kawatir karena pembatasannya lumayan banyak juga sobat sebanyak 2.000 label unik, atau berbeda-beda. Dan per entri hanya boleh memiliki 20 label sobat.

Lagian pula buat apa banyak-banyak label sobat, ntar lupa lagi. Saya aja lupa sobat beberapa label, walaupun telah tertulis dengan baik. :D

8. Deskripsi Blog
Untuk deskripsi blog ini blogger membatasi sebanyak 500 karakter, lagian pula yang terbaca cuma beberapa aja sobat. Ini tidak terlalu penting menurut saya.

9. Informasi Profil atau About Me
Dalam profil blogger kita bisa memberikan informasi atau data diri kita sobat, namun disini phak blogger telah mebatasi sebanyak 1.200 karakter, lagian pula buat apa banyak-banyak menuliskan ini. Kalau juga ada yang ngefans pasti di obrak abrik sendiri profil kita dari facebook, G+ maupun sosial media yang lain.

10. Faforite dan Minat Profil
Sama seperti uraian no.9 sobat, namun untuk ini pihak blogger telah membatasi sebanyak 2.000 karakter sobat.


Sebenarnya batasan-batasan yang diberikan pihak blogger adalah batasan yang baik buat kita para blogger, lagian pula sesuatu yang berlebihan itu kan tidak baik sobat. Semoga bermanfaat.. ^_^

Referensi : https://support.google.com/blogger/answer/42348?hl=id

0 komentar: