Sunday, March 8, 2015

Mengatasi Article lacks heading Validasi HTML5

Saya beberapa hari ini sibuk mempelajari membuat blog menjadi lebih ringan, dan sekali gus belajar validasi HTML5 dengan panduan http://validator.w3.org/. Saya hanya ingin mendokumentasikan apa yang saya coba aja sobat, karena siapa tahu ada sobat blogger yang membutuhkannya juga. Saya cuma penasaran aja mengatasi warning ini sobat, karena sebetulnya validasi HTML5 ini tidak begitu penting, karena googlepun tidak valid html5 dan cenderung banyak errornya. Karena menurut saya, pak google ingin mesin pencarinya bisa diakses dengan baik oleh browser yang belum valid html5, tentunya ini akan sangat menguntungkan pihak google.

Error ini secara penuh akan tertulis seperti berikut:
Article lacks heading. Consider using h2-h6 elements to add identifying headings to all articles.
Untuk mengatasinya sobat bisa mencari sumber warning ini di Dashboard > Template > Edit HTML dan gunakan ctrl+f untuk memudahkan pencarian, nah pada kasus ini yang warning adalah bagian berikut ini (mungkin bagian error di template sobat berbeda).
<article id='posting'>
....
.... 
....
</article>
Nah, yang membuat warning itu adalah elemen article itu sobat, karena seharusnya menggunakan elemen div untuk valid html5. Jadi seharusnya seperti berikut ini.
<div id='posting'>
....
.... 
....
</div>
Setelah itu, coba sobat cek di http://validator.w3.org/, apakah warningnya sudah hilang sobat? Karena yang saya sudah hilang warningnya, walaupun di template sobat berbeda, yang jelas elemnnya tidak bisa kita ganti, dan harus menggunakan setandar html5, dengan kasus ini yaitu elemen <article> ... </article> menjadi <div> ... </div>.

Sekian artikel tentang Mengatasi Article lacks heading Validasi HTML5, yang perlu sobat tahu Saya ini menggunakan template mas sugeng, dan saya berencana tidak akan ganti template lagi, palingan hanya designnya aja yang akan berubah. Semoga bermanfaat. ^_^

0 komentar: