Friday, February 20, 2015

Menampilkan Iklan Adsense di Versi Mobile Blogspot

Saya beberapa hari ini sibuk mencari template blogger yang cocok buat adsense, tapi belum ketemu juga, tapi saya putuskan untuk menggunakan template mas sugeng yang terbaru, namun template tersebut tidak responsive jadi iklan adsense tidak akan tampil pada perangkat mobile. Lalu saya browsing dan mendapatkan cara menampilkan widget pada versi mobile ini sobat.

Nah dari artikel tersebutlah saya berfikiran mendapatkan cara menampilkan iklan adsense pada versi mobile ataupun seluler. Kan sangat rugi jika ada pengunjung blog yang dari perangkat mobile tapi tidak ada iklan yang tampil. Apa lagi sekarang ini jamannya gadget dimana-mana.

Bagaimana cara menampilkan iklan adsense pada versi template seluler atau mobile mas?

Sebenarnya caranya cukup mudah sobat, kita hanya perlu menambahkan atribut mobile='yes', mobile='no' atau mobile='only' pada widget yang ingin kita jadikan tempat adsense bersemayam.

Pertama kita harus mengetahui ID dari widget yang ingin kita tampilkan pada versi seluler, pada contoh kali ini saya menggunakan widget dengan id HTML2 sobat.

Dalam kasus ini saya telah menyisipkan iklan responsif pada widget tersebut, karena dengan iklan responsif akan menyesuaikan dengan device yang dimiliki oleh user yang berkunjung ke blog kita sobat.

Cara paling mudah mengetahui ID dari widget kita yaitu dengan masuk Dashboard - Tata Letak dan sobat dekatkan kursor sobat ke bagian Edit di salah satu widget hingga tampil seperti gambar dibawah ini:

Menampilkan Iklan Adsense di Template Versi Mobile

Yang ditunjukkan pada panah itulah id dari widget yang akan kita tambahkan atribut agar tampil pada tampilan mobile. Dan selanjutnya sobat masuk ke bagian edit html di Dashboard - Template - Edit HTML. Dan gunakan ctrl+f untuk memudahkan mencari widget yang sobat inginkan. Dalam contoh ini kurang lebih kode widgetnya seperti ini:
<b:widget id='HTML2' locked='false' title='' type='HTML'>
Dan sobat tambahkan atribut mobile='yes' seperti berikut:
<b:widget id='HTML2' locked='false' mobile='yes' title='' type='HTML'>
Gunakan mobile='yes' jika sobat ingin menampilkan widget dalam versi desktop maupun mobile ataupun seluler. Gunakan mobile='no' untuk tidak menampilkan widget pada versi seluler. Serta gunakan mobile='only' jika sobat hanya ingin menampilkan widget tersebut dalam versi seluler dan tidak tampak pada versi desktop.

Langkah terakhir sobat save template sobat, don sekarang coba cek pada link versi mobile blog sobat seperti : http://namablogsobat.blogspot.com/?m=1

Seharusnya jika semua langkah telah sobat lakukan dengan benar maka versi selular sobat akan menampilkan iklan seperti blog saya ini. Coba aja masuk ke versi seluler blog saya sobat. Semoga bermanfaat.. ^_^

Sumber referensi : http://www.mas-sugeng.com/menampilkan-widget-di-template-blogspot-versi-mobile/

0 komentar: