Thursday, February 26, 2015

Menampilkan Recent Post Dengan Feed Blogger

Update : 26 Februari 2015, menambahkan recentpost by label.
Semenjak saya mengganti template blog ini menjadi template milik mas sugeng yang 2015 yang dulunya premium dan sekarang telah menjadi freemium, hehe :D saya sangat penasaran menampilkan recent post yang ada dibawah postingnya itu loh sobat. Apa lagi ketika saya lihat di demonya ada tuh recent post, dan pas saya pakai gak ada pengaturan maupun script khusus untuk itu, wah saya sangat penasaran waktu itu.

Sampai-sampai saya telah bertanya dari grup ke grup hingga akhirnya saya bertanya langsung dengan mas sugengnya karena frustasi, dan dibalas sekitar 3 jam setalh saya PM beliau di fanspagenya (yang penting dibalas aja :D ). Ternyata dari jawaban beliau, setelah saya bertanya "Mas bagaimana cara menampilkan recent post atau recent post by label di template mas sugeng 2015 ?, saya udah pusing mas nyari caranya :(, terima kasih mas".

Mas sugeng pun membalas PM saya dengan sedikit kata-kata dan menyertakan link, "Itu menggunkan feed blogger mas, ini baca mas [link]", dan saya coba langsung, dan ternyata berhasil sobat. Mantap bener, itu ilmu gak seberapa menurut sobat, namun sangat berarti buat saya pribadi.

Nah, buat sobat yang belum tahu dan ingin tahu aja yah nih saya akan memberikan tutorial mengaktifkan fitur feed blogger serta cara menggunakannya. Untuk DEMO sobat bisa lihat pada blog saya ini. Kelebihannya dengan cara ini adalah recent post akan lebih ringan, karena tidak menggunakan javascript ataupun jquery seperti widget yang telah tersebar di google sobat.

1. Masuk ke bagian Dashboard > Tata Letak > Tambah Gadget sehingga sobat akan menemukan tampilan berikut : 

Menampilkan Recent Post Dengan Feed Blogger

2. Setelah itu sobat bisa lanjut klik bagian Feed untuk masuk kebagian seperti gambar berikut sobat.

Menampilkan Recent Post Dengan Feed Blogger

Pada gambar diatas, sobat hanya perlu mengisi bagian "URL Feed" dengan alamat blog yang ingin sobat buatkan feednya, dengan kata lain artikel baru akan tampil sesuai alamat yang tertera pada url feed ini.

Jika sobat ingin membuat seperti recent post, atau postingan terbaru sobat untuk blog sobat sendiri, sobat bisa memasukkan alamat blog sobat sendiri.

Namun jka sobat ingin menampilkan recentpost by label yaitu sesuai dengan label yang sobat pilih, dengan artian tidak menjadi postingan terbaru, sobat hanya perlu menambahkan /-/NamaLabel dari feed default yang kita buat sobat. Menjadi seperti berikut.


Untuk yang nama labelnya memiliki spasi harus menambahkan %20 untuk menggantikan spasinya. Sebagai contoh, kita akan buatkan label dari Tips Trik, jadi penulisannya dalam feednya menjadi Tips%20Trik.

3. Tahap selanjutnya sobat akan memasuki tampilan berikut, dan bisa menggunakan beberapa pengaturan.

Menampilkan Recent Post Dengan Feed Blogger

Keterangan konfigurasi :
  • Judul : Bisa sobat ganti sesuai judul yang sobat inginkan.
  • Tampilkan : Sobat bisa menampilkan maksimal 5 item atau postingan, dan sobat juga bisa menampilkan Tanggal item, Sumber/pengarang postingan, dan yang terakhir pilihan agar link terbuka di tab baru, seusaikan dengan selera sobat.
  • Pratinjau : Ini untuk preview tampilannya nati sobat.
  • Ubah URL Feed : Untuk menggubah URL atau alamat feed sobat, mau dibuat by lebel atau tidak, dengan ini akan lebih mudah tanpa membuat feed baru. Tinggal edit aja bagian ini.
Simpan widget tersebut sobat, dan coba lihat pada blog sobat. Widget feed ini akan sudah tampil dengan baik pada blog sobat. Kurang lebih tampilannya seperti di blog saya ini sobat, seperti berikut. Menurut saya kelebihan menggunakan cara ini ialah lebih ringan.


4. Tampilan diatas sudah saya modifikasi sedikit sobat, namun untuk sobat yang menggunakan template mas sugeng, tampilannya tidak akan jauh berbeda. Itu saya membuat dua feed, satu dari blog competitiv ini dan satu lagi dari blog linux saya sobat. Saya rasa sobat sudah mengerti yah, semoga artikel "Menampilkan Recent Post Dengan Feed Blogger" ini bermanfaat.. ^_^

0 komentar: