Friday, November 20, 2015

Cara mengaktifkan Net framework Windows 10

Sebenarnya cara ini sudah berlaku sejak zaman windows 8 dahulu, yah sebenarnya Net framework sendiri sudah ada dalam paket ISO file yang kita gunakan untuk menginstall windows itu sendiri, kita tinggal mengaktifkannya aja sobat.

Jadi, disini kita tidak perlu untuk mendownload file instalasi dari Net frame seperti apa yang biasa kita lakukan pada zaman windows 7. Jadi disini saya akan memberikan tutorial singkat guna mengaktifkan fitur Net framework buat sobat iwanberbagi yang membutuhkan.

Tahap pertama Mount ISO Windows 10 sobat seperti berikut :


Setelah di Mount maka akan tampil drive local disk sperti berikut, yang perlu diingat adalah drive berapa itu, drive (E:) atau drive (G:) karena dengan itulah kita akan menginstall Net framework. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut :


Nah pada gambar diatas kan udah jelas tuh, Pada contoh kali ini drive yang saya dapat adalah Drive (E:) dan pada tahap selanjutnya kita akan ikuti drive tersebut.

Tahap selanjutnya buka Command Promt (admin) dengan cara klik kanan tombol windows seperti gambar berikut ini, atau bisa juga menggunakan kombinasi Windows+x :


Dan jika ada pop up, klik aja YES.

Selanjutnya masukkan perintah berikut ini (copy paste aja) di Command Promt yang tadi sobat buka, dan perhatikan drive yang saya gunakan, sesuaikan dengan lokasi sobat yah.
Dism /online /enable-feature /featurename:NetFx3 /All /Source:E:\sources\sxs /LimitAccess
Note : Jangan lupa ganti E itu dengan drive yang sobat gunakan yah

Stelah itu tekan Enter dan secara keseluruhan ketika telah berhasi akan tampak seperti gambar berikut :


Gimana sobat ? Mudah Bukan ?

Semoga tutorial ini bermanfaat yah.. :)

0 komentar: