Saturday, May 30, 2015

Pengalaman Membuat NPWP Di Kantor Pajak

Karena saya ingin melamar kerja di Telkom Akses, nah syarat lamarannya harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Jadi saya akhirnya membuatny juga sobat. Jujur sayapun tidak tahu pasti fungsi dari NPWP ini awalnya untuk apa. Namun tanpa fikir panjang saya langsung membuatnya.

Pengalaman Membuat NPWP Di Kantor Pajak

Namun akhirnya saya mengerti setelah NPWPnya jadi, ada keterangan mengenai fungsi dari NPWP itu sendiri sobat. Nmaun saya belum begitu paham juga apa yang dimaksud sobat.

Pendaftaran NPWP atau pembuatannya sangatlah mudah, kita hanya perlu datang ke kantor pajak, terus kita akan diberikan arahan terkait syarat-syarat membuat NPWP.

Namun saya sendiri hanya diperuntukan dengan syarat berikut.
  1. Mengisi Form/Blangko yang telah disediakan oelh petugas pajak.
  2. Memberikan surat keterangan kerja dari tempat sobat bekerja.
  3. Umur 20 tahun atau lebih.
Setidaknya syarat diataslah yang diperlukan untuk bisa membuat NPWP sobat. Untuk NPWP kali ini tidak bisa langsung diambil di akantor pajak tempat sobat membuat NPWP, melainkan kita harus menunggunya dikirimkan melalui kantor pos sekita 4 - 5 hari kerja.

Namun yang saya alami, dari kantor pos tidak kunjung tiba juga, yah jadi saya berinisiatif untuk mengambilnya langsung ke kantor pos pusat di jambi. Alhasil dengan bermodalnya resi yang diberikan, saya bisa mengambil NPWP saya di kantor pos pusat.

Akhirnya dapat juga tuh NPWP, karena telah satu minggu saya tunggu-tunggu. O ya, untuk resinya itu sangat penting, itu pasti diberikan setelah sobat membuat NPWP sebagai bukti sobat telah membuat NPWP, jadi jangan sampai hilang yah.

O ya, saya mengambil NPWP ini sekalian dengan kode PIN google adsense saya yang telah satu bulan gak sampai-samapi juga kerumah. Ternyata PIN google adsense saya telah ada di kantor pos 2 minggu setelah tanggal pengiriman. Hadeh, kenapa gak ngomong tuh mbak kantor pos.

Walaupun saya belum tahu juga fungsi sebenarnya untuk apa tuh NPWP, nantilah saya browsing. hehe. O ya, pembuatan NPWP ini gratis loh sobat, tidak dipungut biaya sepersen pun. Semoga bermanfaat.. :)

0 komentar: