Monday, October 5, 2015

Cara Flashing Samsung Grand Prime SM-G530H

Saya seblumnya telah melakukan rooting pada grand prime SM-G530H milik saya, nah karena telah tau caranya rooting dan mengetahui perbedaan dan apa dampak buruk dari kegiatan rooting android itu sendiri, itu mengakibatkan saya harus flashing ulang smart phone saya.

Perlu sobat tahu kalau flashing ini adalah cara terakhir agar sobat bisa menggunakan smartphone sobat sendiri seperti baru lagi, jadi jika terjadi error seperti yang saya alami ketika mencoba rooting, solusinya adalah dengan menggunakan flashing mode ini.

Flash Ulang Samsung Grand Prime SM-G530H

INGAT !! SEBELUM MELAKUKAN FLASHING ULANG HARUS BACK UP DATA YAH !!

Berikut bahan-bahan perang :
Semua file tersebut telah saya upload ke Google Drive agar mudah didownload bisa ngebut juga downloadnya. Nanti saya buatkan juga mirrornya via Mediafire yah, lagi proses upload.

Berikut cara install sesuai tutorial yang pernah saya coba dan tentunya berdasarkan percobaan saya sendiri juga, untuk alamat tutorialnya nanti diartikel paling akhir akan saya berikan.

Usahakan sobat telah menginstall samsung kies 3 sebagai driver tambahan, dan usahakan juga sudah bisa transfer data melalui samsung kies, ini guna meminimalisir kegagalan driver usb samsung grand prime tersebut.

1. Extract dan install file Samsung USB driver yang telah sobat download tadi, intall hingga benar-benar selesai. Usahakan terkoneksi internet, agar bisa menyesuaikan sendiri drivernya.

2. Extract kembali file Odin v3.10.7 dan juga Firmware Grand Prime SM-G530H yang sudah sobat download juga tadi.

3. Matikan Grand Prime sobat, dan hidupkan ulang dengan cara menekan tombol volume bawah + home + power secara bersamaan. Setelah itu sobat akan masuk pada mode download tekan tombol volume atas/up, Seharusnya akan tampil seperti gambar berikut ini.

Masuk menu odin tekan Volume atas

Cara masuk menu odin

4. Setelah berhasi masuk mode Downloading, selanjutnya sobat buka aplikasi Odin3 yang tadi sudah diextract (usahakan menggunakan run administrator), selanjutnya hubungkan grand prime sobat yang telah dalam kondisi mode downloading.

Yang harus diingat tahap-tahapnya yah sobat, masuk mode downloading dahulu terus hubungkan ke laptop atau pc sobat yang telah membuka aplikasi odin3nya. Dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini.

Flash atau Install Ulang Menggunakan Odin3 v3.10.7

Yang perlu sobat perhatikan ialah panah no.1 itu wajib muncul seperti pada gambar, dan panah no. 4 itu sobat klik AP dan pilih file firmware (700mb) yang telah didownload tadi, dan centang bagian options seperti no.2 dan no.3 (biasanya otomatis terpilih) setelah semuanya sama persis seperti gambar diatas, sobat bisa klik "Start" pada bagian no.5 dan proses instalasi sedang berjalan.

5. Setelah semua proses selesai dan berjalan lancar, maka akan ada tulisan "PASS" dan smartphone grand prime sobat akan restart secara otomatis. Dan selamat sobat berhasi flashing ulang grand prime sobat dengan baik.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah, karena proses flashing lumayan lama, jadi usahakan smartphone sobat terisi penuh batrenya, untuk menghindari suatu hal yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat.

Sumber tutorial ini saya dapatkan dari :
http://zon3-android.net/2015/01/cara-flashing-samsung-galaxy-grand-prime-sm-g530h.html

0 komentar: