Friday, March 6, 2015

Baru tahu unit iklan Adsense bisa dicuri

Beberapa hari ini iklan adsense saya ada pendapatan dari situs yang tidak saya inginkan atau lebih tepatnya bukan situs milik saya. Saya heran waktu itu, kenapa bisa begitu ? Apakah berbahaya ? Bagaimana mengatasinya ? 

Setidaknya itulah pertanyaan saya waktu itu sobat, tanpa pikir panjang saya langsung membuat postingan baru di idblogschool terkait hal ini sobat. Dan ada yang menjawab bahwa itu hasil dari pencurian unit iklan adsense, dan itu diakibatkan oleh user lain yang hoby copas biasanya.

Jujur, ini pertama kali terjadi sobat, dan saya ingin sekali memberitahu yang bersangkutan, namun saya rasa itu tidak perlu, karena ada solusi lain nih sobat, dengan menggunakan fitur Otorisasi Situs agar iklan yang tampil di blog yang bukan seizin kita tidak akan menghasilkan apapun. Karena klik dari situs yang tidak di otorisasi tidak akan di hitung pendapannya sobat.

Bukannya bagus jika iklan kita ditampilkan diblog lain ? Bukankah penghasilannya masuk ke akun adasense kita ?

Pernyataan itu memang benar sobat, namun bagaimana kalau unit iklan yang ditampilkan disalah gunakan seperti:
  • Ditampilkan disitus yang berbau melanggar tos google.
  • Di klik sendiri oleh admin blog tersebut.
Tentu dengan 2 hal kecil seperti yang saya sebutkan tadi, nantinya akan berdampak akun adsense kita dibanned kan sobat ? Wah, sayang sekali bukan ? Bukan kesalahan kita tapi kita yang kena batunya.

Bahaya banget mas, bagaimana menggunakan Otorisasi Situs itu mas ? 

Fitur ini ada pada akun adsense kita sobat, untuk melihatnya sobat bisa ke Pojok kanan atas > Gambar Gear > Klik setelan > Akses dan otorisasi, dan selanjutnya sobat centang pada "Hanya bolehkan situs tertentu menampilkan iklan untuk akun saya" dan selanjutnya sobat isi kolom yang tersedia seperti berikut :

mengatasi pencurian iklan adsense
Sobat bisa pisahkan dengan baris baru pada blog sobat yang satunya, persis seperti pada gambar diatas sobat. Nah, jika sudah sobat klik Simpan dan sobat lihat keesokan harinya, jika ada situs yang tidak berotorisasi atau tidak sobat daftarkan seperti gambar diatas, maka itu adalah pencuri iklan adsense kita. Dan didashboard adsense sobat akan ada notif seperti berikut :

mengatasi pencurian iklan adsense

Dan peringatan tersebut tidak hilang-hilang sobat, kayaknya sih gak bakalan hilang hingga situs yang menggunakan unit ikan kita itu tidak menggunakan unit iklan kita lagi.. Tapi, itu cuma pengingat aja sobat, nggak papa kan.

Yah begitulah cara mengatasi pencurian iklan adsense, ini sangat penting agar akun adsense kita aman dari yang namanya banned sobat. Jangan lupa baca juga cara mengganti bahasa Google Adsense ke Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.. ^_^

0 komentar: