Thursday, June 11, 2015

Tips Menabung Versi Mas Iwan

Baiklah sobat blogger kali ini saya akan membagikan "Tips Menabung" versi saya pribadi. Kita tahu menabung itu sangatlah penting. Bagaimana tidak, jika semua uang yang kita miliki tidak ada kita tabung resikonya adalah kita tidak memiliki uang guna kebutuhan mendesak, semisalnya tiba-tiba kita sakit dan memerlukan biaya. Nah, apakah kita punya uang untuk biaya tersebut jika kita tidak menabung sebelumnya..? Pasti akan sibuk utang sana sini kan sobat..?

Disini dibutuhkan kesadaran menabung itu sangatlah penting. Minimal kita menabung untuk kebutuhan mendesak seperti yang saya katakan diatas tadi, atau jika untuk jangka panjang kita menabung untuk membeli sesuatu yang kita inginkan atau setidaknya kita menabung untuk masa tua kita, jadi tidak akan menyusahkan atau membebani anak cucu.

Kita akan bahas "Tips Menabung" ini lebih dalam lagi, dan bagaimana sih agar tabungan kita tidak terpakai kecuali untuk kebutuhan mendesak..? Dan sebaiknya bagaimana cara kita menabung..? Oke, kita akan bahas satu persatu pada tulisan saya kali ini.

Tips Menabung
Sumber Gambar DISINI

1. Menabunglah pada salah satu BANK di Indonesia.
Jaman sekarang sudah banyak tersebar BANK diindonesia, dengan berbagai fasilitas. Jika sobat hanya memerlukannya untuk menabung bukan untuk berbisnis saya sarankan untuk menabung pada bank yang memiliki tagihan admin yang tidak terlalu banyak, dan kalau bisa nggak ada potongan sama sekali per bulannya. Kan sayang kalau harus dipotong 5000/bulan.

Menabung di Bank memiliki beberapa keuntungan diantaranya:
  1. Lebih aman - Karena bank sekarang memiliki keamanan yang sangat baik, dan tentunya uang kita akan aman berada disana, tanpa kawatir harus hilang atau dicuri.
  2. Bisa diambil kapan saja - Bank sekarang memiliki ATM yang berada dimana-mana, jadi jangan bingung untuk mengambil uang jika ada kebutuhan mendesak.
  3. Internet Banking - Sekarang jamannya pakai internet, kalau mau transfer uang tinggal beberapa klik saja di hp atau di laptop sobat. Jadi gak akan susah kalau mau transfer uang ke kerabat yang eamng butuh uang dari kita.

2. Berkomitmen menabung tiap gajian.
Agar kita bisa menabung terus, kita harus memiliki komitmen tinggi utuk menabung. Jika sobat adalah seorang yang telah bekerja dan memiliki penghasilan tetap tiap bualannya, maka sobat wajib membuat peraturan untuk keuangan sobat.

Misalnya, jika sobat bergaji 1.500.000,-/bulan maka bisa disisihkan sebagian uang tersebut untuk keperluan sebulan kedepan, nah barulah sisanya bisa di tabung. Tapi yang perlu diingat ialah, jika uang untuk kebutuhan sehari-hari kurang usahakan untuk tidak mengambil uang ditabungan. Dengan kata lain sobat bisa belajar hemat.

Cara paling mudah adalah, tiap bulan setelah menerima gaji sobat harus memiliki jumlah minimum untuk ditabung, namun sudah diperhitungkan untuk keperluan sebulan mendatang.

3. Mengumpulkan uang receh.
Tidak jarang ketika kita berbelanja kita mendapati kembalian uang receh, atau uang koin. Nah, uang seperti ini seharusnya jangan kita gunakan, lebih baik kita tabung aja di dalam kotak khusus atau sobat bisa membeli tempat menabungnya di toko-toko.

Kanapa uang receh mas..? iya karena uang receh ini sangat berguna jika kita kumpulkan. Contonya ketika uang receh 500 rupiah kita rutin kumpulkan di satu tempat. Dan suatu hari kita membutuhkan uang guna keperluan sehari-hari kita bisa lihat berapa banyak jumlah uang receh yang terkumpul dalam satu bulan..?

Kan lumayan bisa buat beli bakso kalau lagi malas masak, dan paling terpenting adalah tidak mengganngu uang tabungan kita yang ada di bank. Dan uang receh ini bisa lebih dari itu jika kita rutin mengumpulkannya. Kalau disuruh ibu kita ketoko beli sesuatu dan ada kembaliannya, minta dengan ibu kita buat kita simpan biarpun itu 100 rupiah.

4. Penutup dan Kesimpulan
Itu 3 tips menabung dari saya yang selalu saya lakukan dalam kehidupan ini. Semua tips tersebut saling mengikat satu sama lain, sehingga akan lebih memudahkan kita dalam menabung. Semoga tips ini bisa berguna bagi sobat, dan tentunya bisa sobat terapkan.

Kesimpulannya ialah, kita menabung ini tidak harus setiap bulan sekian uangnya, melainkan seadanya saja sesuaikan dengan kebutuhan kita. Namun, alangkah baiknya setiap bulannya ada target untuk menabung agar tabungan kita selalu bertambah, dan suatu saat tanpa kita sadari tabungan kita sudah lebih dari yang kita harapkan.

Setidaknya bisa kita gunakan pada masa tua kita nanti. Karena kita tidak tahu kita akn sehat selalu sobat. Semoga bermanfaat.. :) Artikel ini saya buat guna mengikuti Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Emak Gaoel dan Cermati.com.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati

Artikel "Tips Menabung" ini diikut sertakan Dalam Kontes Blog Menulis Artikel "Share Tips Menabungmu Bersama Lomba Blog Emakgaoel dan Cermati"
7 Juni 2015 – 1 Juli 2015

0 komentar: