Wednesday, June 17, 2015

Aplikasi Yang Membantu Memaksimalkan Kinerja Android

Android itu adalah sebuah sistem yang mengatur kinerja perangkatnya, semakin baik kinerja android tersebut maka akan semakin memaksimalkan kinerja perangkat tersebut pula. Nah disini saya akan memberikan tips memaksimalkan Kinerja Android Agar bisa lebih maksimal.

Untuk memaksimalkan kinerja android adalah dengan memilah aplikasi yang sekiranya menjadi prioritas utama untuk digunakan, jadi jika sebuah aplikasi tidak digunakan lagi buat apa kita harus menginstalnya, atau mendapatkan notifikasi dari aplikasi tersebut.

1. Mematikan Notifikasi tidak penting
Seperti yang saya katakan tadi, jika kita terganggu dengan notifikasi tidak penting dari aplikasi tertentu, atau kalaupun tidak terganggu minimal itu notifikasi membuat penuh panel notifikasi android sobat kan. Kalau saya sih risih dengan hal begituan.

Untuk mematikannya, sobat bisa masuk ke menu setting atau pengaturan dan pilih menu Manager Aplikasi seperti gambar berikut.

Aplikasi Yang Membantu Memaksimalkan Kinerja Android

Saya menggunakan Android 4.4.4 (Kitkat) namun kurang lebih untuk android versi yang lain akan sama saja. Kemudian masuk kebagian tersebut dan pilih aplikasi apa yang ingin sobat hentikan notifikasinya. Pada contoh ini saya akan menon aktifkan notifikasi Get Rich.

Aplikasi Yang Membantu Memaksimalkan Kinerja Android

Hilangkan centang tersebut, dan notifikasi tidak akan muncul lagi sobat. Sebahgai tambahan aja, beberapa aplikasi ada yang tidak bisa kita pindahkan ke SD Card, seperti halnya Get Rich ini (Kecuali android sudah di root). Nah, jika mau lebih ringan usahakan aplikasi yang sobat install itu terinstall di SD Card atau kartu memory.

Tinggal klik Aja yang saya berikan kotak merah tersebut.

2. Install CCleaner untuk bersih-bersih.
Aplikasi yang bisa sobat download secara gratis di playstore ini sangat bermanfaat dan tidak memberatkan sistem android kita, ketimbang sobat menggunakan DU Speed Booster. Dari pengalaman saya itu aplikasi malah memberatkan sistem android kita sobat.

Aplikasi Yang Membantu Memaksimalkan Kinerja Android

CCleaner bisa membersihkan file-file yang sekiranya tidak berguna dengan 2 sampai 3 kali klik saja, tapi ingat jangan sesekali sobat centang Processes, saya sih belum pernah mencobanya, tapi sepertinya kurang baik jika sampai kita clean juga.

Aplikasi Yang Membantu Memaksimalkan Kinerja Android

Masih banyak lagi fungsi CCleaner ini, termasuk mengecek spesifikasi perangkat kita, bahkan bisa juga menghapus aplikasi yang sekiranya ingin kita hapus. Untuk lebih memahami fungsi-fungsinya sobat bisa mendownloadnya gratis di play store dan coba sendiri.

3. Automatic Kill Aplikasi Dengan ATM
Aplikasi yang saya sarankan terakhir adalah Aplikasi ATM (Advanced Task Manager), bukan ATM untuk narik uang yah sobat hehe.

Aplikasi ini sangat berguna sobat, dimana ada fitur Automatic Kill Aplikasi ketika Android sobat dalam keadaan sedang tidak digunakan, atau layar utamanya sedang keadaan redup. Jadi kan bisa menghemat penggunaan batre kita kan.

Aplikasi Yang Membantu Memaksimalkan Kinerja Android

Untuk mengaktifkan fitur ini, sobat masuk kebagian Settings seperti gambar tersebut, dan buat pengaturan seperti yang saya berikan tanda panah. Dan lakukan klik pada yang saya berikan lingkaran merah, dan akan sobat temukan tampilan berikut.

Aplikasi Yang Membantu Memaksimalkan Kinerja Android

Klik bagian yang saya berikan panah, dan filter atau sobat pilih aplikasi apa aja yang akan sobat buat auto kill, sesuaikan dengan kebutuhan sobat yah. Setelah itu klik Ok dan OK.

Itulah Aplikasi serta Tips yang bisa saya berikan untu Memaksimalkan Kinerja Android sobat, terutama pada bagian RAMnya. Semoga bermanfaat.. :)

0 komentar: