Saturday, December 12, 2015

Cara Format Ulang Samsung Galaxy Grand Neo

Saya merasa aneh ketika ingin flashing Samsung Galaxy Grand Neo GT-I9060I/DS, gimana tidak masuk Factory Reset aja tidak mau, dan saya sudah coba juga menggunakan Odin hingga versi terbaru juga tidak mau terformat ulang.
Pasalnya Grand Neo ini lupa pola pembukanya. Jadi mau gak mau harus di flashing ulang kan. Setelah berfikir semalaman dan akhirnya tertidur, akhirnya pagi hari saya coba lagi untuk meresetnya, ternyata caranya sangat mudah, namun ada sedkit kekeliruan.

Jika pada handphone samsung lain ketika kita ingin masuk ke mode Recovery (Faktory reset) itu dengan menekan tombol POWER + Up Volume + Home Button secara bersamaan. Nah pada samsung Grand Neo ini cara tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya (awalnya say berfikir begitu).

Ternyata cara tersebut bukannya tidak bekerja namun ada sedikit kekeliruan. Jika pada handphone samsung lainnya ketika kita mau masuk ke Recovery Mode sebentar aja ketika menekan 3 tombol tadi secara bersamaan, maka di Samsung Grand Neo ini harus menekannya selama kurang lebih 25-30 detik hingga Samsung Grand Neo tersebut bergetar.
Note : Agar berhasil sobat harus Charge (sambil diisi baterainya) yah.
Dan taraaa, baru kita bisa masuk ke recovery mode seperti biasanya dan akhirnya kita bisa wiping tuh samsung grand neo. Secara keseluruhan tahap Format Ulangnya sebagai berikut :
  1. Matikan Samsung Grand Neo
  2. Tekan ketiga tombol berikut ini secara bersamaan  : Tombol Power + Tombol Volume Atas + Tombol Home Button (Bisa liat Vidio diakhir artikel ini)
  3. Setelah masuk ke mode recovery, selanjutnya masuk ke bagian Wipe data/factory reset
  4. Terus arahkan dan pilih ke Yes -- delete all user data
  5. Selanjutnya Reboot Now
Untuk navigasinya sebagai berikut : 
  • Tombol Volume Atas untuk navigasi ke atas
  • Tombol Volume Bawah untuk navigasi kebawah
  • Tombol Power untu memilih/select
Fungsi Wipe data/factory reset ini adalah untuk mengembalikan data handphone ke pengaturan pabrik, atau dengan kata lain kembali seperti pengaturan terbaru lagi sobat. Jadi jika sobat lupa password ataupun pola dalam handphone, sobat bisa melakukan Factory reset ataupun Format ulang ini, dari pada bayar ke konter, enak uangnya buat beli es krim kan. hehe

0 komentar: