Wednesday, October 22, 2014

Mengatasi Error 6000 Canon MP237

Hey sobat, kali ini saya cuma mau curhat tentang Mengatasi Error 6000 Pada Canon MP237. Tepat tanggal (24/09/14) saya mendapati printer dengan kasus ini. Sempat bingung mengatasinya, karena kronologi awalnya adalah paperjam (menarik kertas sendiri) namun setelah saya test sekitar 3x malah muncul error 6000 ini pada info di laptop (saya lupa buat screenshot untuk errornya sobat).


Sempat browsing juga, namun tidak ada hasil sobat. Cuma dapat tips untuk melepaskan arusnya dari sumber listrik sekitar beberapa menit sobat, namun tidak ada perubahan. Karena rasa penasaran, Selanjutnya saya mencoba untuk membongkar printer tersebut, setelah saya bongkar tetap aja bingung sobat. Hehe..

Mungkin curhat saya ini belum tentu berhasil ditempat sobat, namun apa salahnya untuk dicoba sobat.

Dalam kondisi terbongkar, saya mulai memperhatikan setiap tempat:
  1. Cek Sensor kertas, siapa tau kotor jadi mempengaruhi kinerja printer lalu saya coba bersihkan menggunakan Head Cleaner (ternyata tidak berhasil sobat)
  2. Cek Sensor Timing Disk dan saya coba bersihkan dan tidak ada perubahan juga sobat.
Setelah dua hal itu saya lakukan, dan tidak ada perubahan akhirnya saya mencoba untuk mengganti power supplynya sobat, siapa tau ada perubahan.


Setelah saya ganti power supply ternyata tidak ada respon juga sobat, tetap saja error 6000 sobat. Karena telah pusing akhirnya saya istirahat sejenak sobat. Setelah istirahat saya sempat berfikir, karena sebelumnya paperjam maka ada kemungkinan ada masalah di bagian ini sobat:


Nah, bagian yang saya tandai itu sebelumnya tidak seperti itu sobat, dia sedikit kedepan sehingga mengganggu roller printernya sobat. Jadi saya coba aja untuk menekannya sehingga berbunyi sobat. Dan saya coba dan berhasil sobat. Error 6000 ini tidak muncul lagi sobat.

Jadi mungkin sobat bisa mencoba curhatan saya ini sobat. Semoga bermanfaat sobat. ^_^

0 komentar: