Thursday, October 23, 2014

Membuat Flashdisk Menjadi Multiboot

Hey sobat, lama saya tidak posting nih sobat. Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat Flashdisk menjadi bootable flashdisk, tapi disini kita tidak membahas tentang membuat bootable biasa melainkan membuat bootable "Multiboot Flashdisk" yaitu Membuat flashdisk bisa boot lebih dari satu installer Sistem Operasi sobat, dengan menggunakan Yumi 2.0.1.0 sobat.

Langkah pertama sobat download dulu file Yumi berikut ini:
Setelah sobat mendownload filenya sobat jalankan dan akan menemui tampilan dibawah ini sobat (dengan catatan flashdisk sobat telah conect dengan laptop sobat):


Klik yang bertanda panah dan sobat akan menemui tampilan dibawah ini:


Pada bagian yang diberikan tanda itu adalah tempat sobat memilih flashdisk yang akan sobat jadikan multiboot flashdisk, setelah itu sobat akan mendapati tampilan berikut:


Nah, pada bagian ini sobat bisa memilih mau membuat bootable Ubuntu, windows 7, atau Windows 8 juga bisa sobat. Sobat tinggal pilih aja pada bagian ini. Pada contoh kali ini saya ingin membuat bootable Ubuntu.

Hasil akhir akan terlihat sperti gambar di bawah ini:


Setelah itu sobat klik "Browse" utuk mencari file iso installer ubuntu atau windows sobat. selanjutnya Kilk bagian "Create" untuk memulai membuat bootable ini sobat. dan sobat akan mendapati tampilan seperti berikut:


Setelah melewati proses diatas sobat akan mendapai tampilan dibawah ini:


Pada tahap ini sobat telah selesai membuat bootable Ubuntu sobat, selanjutnya sobat bisa pilih yang bertanda panah dan bisa menambah bootable lagi sobat.

Jika sobat telah selesai sobat bisa boot ke flashdisk sobat dalam pengaturan bios sobat. Kelemahan aplikasi ini, belum support untuk sistem UEFI sobat. Pada artikel selanjutnya akan kita bahas tentang membuat bootable windows untuk sistem UEFI sobat.

Semoga Bermanfaat sobat.. ^_^

0 komentar: