Friday, January 16, 2015

Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam Industri Kreatif

Hey sobat competitiv, dimasa sekarang ini kita selalu dikelilingi oleh berbagai kemudahan teknologi, yang paling mudah kita lihat ialah pada dunia maya, yah kita tahu dunia maya itu sangat diminati oleh generasi pada masa sekarang ini. Kita lihat contoh kecilnya adalah media sosial yang sesungguhnya gabungan dari Peran Informatika dan Telekomunikasi, kemudahan yang didapat ialah kita bisa berinteraksi dengan orang yang jauh sekalipun. Namun bukan kemudahan dalam hal generasi sekarang yang akan kita bahas kali ini, melainkan kemudahan dalam Industri Kreatif yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam Industri Kreatif


Dari media sosial atau bahkan situs jual beli online sedang sangat digemari oleh masyarakat saat ini, sudah sangat jelas bahwa semua itu memanfaatkan komunikasi yang dibangun dari jaringan internet, dan menghasilkan Informasi yang baik dan tentunya sangat berhubungan erat dengan Peran Informatika dan Telekomunikasi pada masa sekarang ini serta pemanfaatannya dalam bidang Industri Kreatif.

Namun untuk menambah pemahaman sobat, disini saya akan sedikit jelaskan makna dari Informatika dan Telekomunikasi serta makna Industri Kreatif yang saya ambil dari sumber Wikipedia dan pendapat saya secara pribadi.

Makna kata Informatika, Telekomunikasi dan Industri Kreatif
  1. Informatika
    Menurut sumber dari Wikipedia, Informatika secara umum ialah interaksi dari beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses, serta menyimpan hasil pemrosessan data yang akan ditampilkan dalam bentuk informasi. Jadi intinya Informatika ini adalah sebuah informasi yang melalui beberapa tahap untuk mendapatkan informasi yang akurat.
  2. Telekomunikasi
    Telekomunikasi ini menurut saya sama dengan komunikasi kita dilingkungan sekitar atau yang lebih kita kenal dengan istilah komunikasi, contohnya kita dalam sebuah desa tertentu dengan komunikasi antar warga satu dengan yang lainnya, namun itu hanya terbatas dalam sebuah desa itu saja. Berbeda dengan telekomunikasi ini sobat, telekomunikasi ini lebih luas dan tidak terbatas seperti komunikasi. Lebih luas disini yang saya maksud ialah komunikasi (penyampaian informasi) yang bisa berlangsung jarak jauh atau dengan kata lain tidak mungkin untuk bertemu dan melakukan proses komunikasi, namun melalui media telekomunikasi inilah yang menjadikan komunikasi jarak jauh ini terjadi.

    Namun menurut sumber wikipedia, telekomunikasi ialah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain.
  3. Industri Kreatif
    Menurut saya Industri Kreatif ialah suatu industri yang mengalami perkembangan atau kreatifitas dalam hal yang baru, yah perkembangan yang saya maksud ialah perkembangan dalam bidang industri yang sudah ada, sedangkan kreatifitas ialah menemukan hal-hal baru yang tentunya menunjang industri yang telah ada, dan tentunya membuat lebih baik.

    Sedangkan menurut sumber Wikipedia, industri kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Kementrian Perdagangan Indonesia (KPI) menyatakan bahwa industri kreatif adalah industri yang berasal dari bakat atau keterampilan seseorang untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan daya kreasi.
Dari penjelasan singkat diatas tentu sobat sudah mulai memahami sedikit banyaknya yah, dari penjelasan tadi tentunya Peran Informatika dan Telekomunikasi sangat berperan efektif dalam dunia Industri. Peranannya akan menunjang berbagai aktifitas industri juga sobat, baik dalam perkembangan dalam pemanfaatannya, maupun menunjang kreatifitas individu atau kelompok tertentu.

Jadi, apa Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam Industri Kreatif ?
Perannya sungguh banyak sebenarnya sobat competitiv, namun untuk kali ini saya hanya akan menjelaskan beberapa hal yang sangat terlihat dalam kenyataannya pada saat ini dalam Industri.
  1. Iklan Produksi Tidak Akan Ribet Lagi
    Sebuah industri tentunya memerlukan periklanan untuk industri yang sedang berjalan, apalagi kalau industri tersebut memiliki inovasi (sebuah kreatifitas) terbaru, kita sering lihat dipinggir jalan telah sangat banyak iklan yang bertebaran kan sobat. Nah, dengan menggunakan media internet atau bahkan situs website, periklanan ini akan semakin mudah bahkan mengglobal, karena dengan adanya website dengan pengunjung yang unik, akan menambah nilai plus periklanan tersebut.

    Apalagi industri tersebut tidak hanya mengejar pasar dalam kota bahkan luar kota, akan sangat baik jika menggunakan jasa periklanan online atau melalui situs website seperti yang saya katakan tadi.
  2. Efektifitas Kerja
    Kita semua tahu sebuah industri pasti memiliki karyawan/i yang banyak, nah disini saya akan bicara dimana sebuah pekerjaan ini akan mengalami efektifitas jika pemanfaatan waktu kerja. Contoh kecilnya adalah penggunaan absensi sidik jari, dahulu para karyawan/i sangat banyak menghabiskan waktu mengabsen dengan menuliskan namanya dalam kertas absen. Ini saya rasa tidak terlalu efektif, nah dengan adanya absensi sidi jari ini akan menghemat waktu karyawan/i dan bisa lebih maksimal untuk berkerja.

    Selain itu tidak perlu lagi pemborosan karyawan guna mengerjakan absensi ini, cukup dengan absensi sidik jari saja. Kan jadinya lebih menghemat dana industri tersebut.
  3. Penjualan hasil industri menjadi lebih mudah
  4. Dengan adanya sistem online saat ini, para industri akan sangat mudah dalam menawarkan Hasil Industri mereka, persis dengan konsep point no.1 tadi sobat namun akan saya jelasakan lebih detail lagi disini. Tanpa memerlukan banyak waktu untuk membuat iklan yang memerlukan banyak biaya, cukup menyewa jasa advertising (periklanan) online, dan mulai buat model banner untuk mempromosikan produk tersebut diinternet (dijaringan periklanan). Sangat mudah, dan tentunya lebih efektif dan hemat dalam pembiayaankan sobat, telah banyak situs online yang menyediakan jasa advertising (periklanan) seperti ini dengan harga yang relatif murah sobat, dan cepat juga dalam prosesnya. 
Kesimpulan
Dalam dunia industri kreatif peran informatika dan telekomunikasi ini sangat berpengaruh sobat, seperti yang telah tercantum pada poin-poin diatas tadi, dengan adanya informatika dan telekomunikasi ini industri-industri akan semakin mudah membuat suatu kreatifitas atau inovasi baru, dan akibat peran informatika dan telekomunikasi ini pula, maka industri-industri tertentu akan sangat mudah mengenalkan produk mereka dengan mudah.

O ya satu lagi sobat, kemudahan tersebut telah menyatu dengan masyrakat kita saat ini, nah yang jadi persoalan hanya bagaimana para industri tersebut dapat membangun kepercayaan kepada target konsumen mereka, karena transaksi yang dilakukan melalui jarak jauh yaitu melalui media elektronik maupun media online.

Sekian perjelasan saya tentang Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam Industri Kreatif semoga sobat dapat mengerti dengan baik apa yang saya tuliskan yah. Semoga bermanfaat. ^_^

Sumber Referensi :
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Informatika
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kreatif
Sumber Gambar :

Google.com = http://goo.gl/E9ltkH (edit oleh saya sendiri)

0 komentar: